Senin, 03 September 2012

Perkembangan Multimedia dalam E-education
         
       Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan waktu 13 tahun, TV kabel 10 tahun, dan internet membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.
        Pada akhir abad 20 hampir dua pertiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer .
Pada saat anda membaca buku ini, hampir separuh rumah tangga sudah terhubung oleh internet, sedangkan di Indonesia baru 4 juta orang.
        Dengan melihat pertumbuhan internet di seluruh dunia, riset dari perusahaan e- Marketer memperkirakan populasi keseluruhan Internet akan meningkat hingga 350 juta pemakai pada tahun 2003, atau meningkat 267 % dari 95 juta pemakai pada akhir tahun 1998 (Turban dkk,2002)
        Pertumetimbuhan pemakai Internet ini dipicu oleh kemajuan di bidang teknologi informasi dan perang harga yang secara dramatis telah menurunkan biaya komputer multimedia.Jumlah konsumen yang terus meningkat telah menciptakan pasar yang lebih besar lagi aplikasi multimedia.
        Penggunaan multimedia di bidang pendidikan juga makin meningkat. Menurut software and Information Industry Association (SIIA) Amerika, sekolah-sekolah K-12 ( Sejenis TK) menghabiskan 4,8 Miliyar dollar untuk teknologi alat peraga di tahun 1998, dengan peningkatan anggaran PC sebesar 20 % pertahun (SIIA,1999). Multimedia bekerja mengagumkan sebagai literatur awal. Mereka tidak harus membaca untuk menggunakannya, karena mereka dapat mengenal gambar pada layar dan lewat suara yang menyertainya . Animasi dan warna dapat memegang peranan penting karena dapat menarik perhatian mereka. Mereka dapat bermain game untuk menghibur diri. Lebih dari itu, game yang mereka mainkan dapat membantu dalam belajar mereka untuk keterampilan yang lebih lanjut.

Daftar Pustaka

PANDUAN PRAKTIKUM MULTIMEDIA Henri Praherdiono ; Eka Pramono Adi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar